10 Aplikasi AppImage Paling Populer untuk Linux

Aplikasi AppImage

Sionicmedia.com – Aplikasi AppImage Ini mungkin tidak sepopuler Snap atau FlatPak, tetapi ada beberapa aplikasi AppImage Linux yang hebat.

Meskipun sebagian besar dari Anda mungkin tahu tentang Flatpaks dan Snaps, Anda mungkin belum banyak mendengar tentang AppImage. Bahkan mungkin mengejutkan Anda mengetahui bahwa itu sudah ada sedikit lebih lama daripada format paket universal Linux lainnya.

Ketika aplikasi dirilis sebagai Snaps atau Flatpaks, biasanya ada artikel, video, dan posting media sosial yang menyertainya, sedangkan ketika aplikasi dirilis sebagai AppImage, tampaknya tidak ada keriuhan.

Artikel ini akan memperbaikinya, dan memberi tahu beberapa aplikasi Linux terbaik yang secara resmi ditawarkan sebagai paket AppImage.

1. Audacity

Audacity

Audacity adalah editor audio multi-track yang sangat populer. Ini adalah alternatif gratis, open source, dan lintas platform untuk aplikasi berpemilik berbayar seperti Avid Pro Tools dan Apple Logic Pro. Fitur termasuk perekaman, pengeditan, pencampuran, dan dukungan untuk banyak format file.

Audacity tersedia di semua platform desktop utama dan menampilkan AppImage sebagai satu-satunya unduhan Linux resmi.

2. Bitwarden

Bitwarden

Bitwarden mungkin adalah aplikasi paling populer di daftar kami. Tidak hanya itu salah satu pengelola kata sandi sumber terbuka terbaik , itu mungkin pengelola kata sandi tersinkronisasi terbaik, titik.

Tidak seperti kebanyakan pengelola kata sandi yang disinkronkan yang menggunakan sistem akun pengguna tradisional, Bitwarden menggunakan blockchain untuk mengamankan kata sandi Anda. Kelemahan dari keamanan tambahan ini adalah melupakan kata sandi utama Anda berarti Anda terkunci, karena Bitwarden tidak memiliki cara untuk mengatur ulang dari jarak jauh.

Bitwarden tersedia di semua platform utama dan ada beberapa metode instalasi untuk Linux selain AppImage default. Terlebih lagi, aplikasi ini menawarkan plug-in untuk semua browser web utama untuk manajemen kata sandi yang nyaman.

Bitwarden bukan satu-satunya pengelola kata sandi populer yang dirilis sebagai AppImage. KeePassXC berbeda dari Bitwarden karena merupakan aplikasi lokal tanpa komponen online. Keuntungan dari ini adalah peningkatan keamanan, karena kata sandi Anda tidak pernah meninggalkan sistem Anda. Kelemahannya berarti tidak ada fitur sinkronisasi, meskipun Anda selalu dapat menempatkan basis data kata sandi Anda di folder penyimpanan cloud apa pun.

KeePassXC tersedia untuk semua platform desktop utama dan fitur AppImage sebagai paket resmi.

3. diagrams.net (alias draw.io)

Juga dikenal sebagai draw.io, diagrams.net adalah aplikasi diagram yang kaya fitur, namun mudah digunakan. Fungsionalitasnya, antarmuka yang sederhana, dan kemudahan penggunaan membuatnya setara dengan aplikasi diagram premium seperti LucidChart, Microsoft Visio, dan Gliffy. Bahkan, ia dapat mengimpor file dari aplikasi tersebut.

Aplikasi ini mencakup bermacam-macam templat yang sudah dibuat sebelumnya untuk diagram tertentu, seperti diagram alur, diagram organisasi, peta jaringan, diagram Venn, gambar rangka, dan banyak lagi. Integrasi pihak ketiga juga berlimpah, termasuk Google Workplace dan Drive, Microsoft SharePoint dan OneDrive, Atlassian Confluence dan Jira, GitHub, GitLab, dan bahkan versi VSCode.

Meskipun tersedia terutama sebagai aplikasi online (diagrams.net), versi desktop (draw.io) tersedia untuk semua platform desktop utama. AppImage adalah salah satu dari beberapa format paket Linux yang tersedia.

4. Etcher

Aplikasi ini melakukan satu hal, dan satu hal saja: aplikasi ini membuat kartu USB dan SD yang dapat di-boot dari file ISO dan IMG. Ventoy adalah cara terbaik untuk membuat thumbdrive yang dapat di-boot saat ini, Etcher balena tetap menjadi alat paling sederhana untuk pembuatan thumbdrive yang dapat di-boot sekali pakai .

Dengan versi untuk semua platform desktop utama, antarmuka pengguna yang sangat sederhana dari Etcher menjadikannya rekomendasi yang bagus untuk pengguna pemula.

5. FreeCAD

FreeCAD adalah alternatif sumber terbuka dan gratis untuk aplikasi CAD (Computer Assisted Design) lainnya seperti AutoDesk AutoCAD.

Itu dapat membuat desain 3D menggunakan pengukuran dunia nyata dan mengekspornya untuk mesin CNC, pencetakan 3D, atau skema 2D. Fitur menonjol termasuk dukungan untuk beragam format file, preset khusus untuk tujuan yang berbeda, dan alat yang dapat sepenuhnya disesuaikan dengan Python.

FreeCAD tersedia di semua platform desktop utama dan menampilkan AppImage sebagai satu-satunya unduhan Linux.

Sebutan Terhormat: OpenSCAD

Ada juga OpenSCAD, yang merupakan aplikasi CAD sederhana yang sebagian besar berfokus pada pemodelan 3D. OpenSCAD tersedia di semua platform desktop utama dan menawarkan AppImage di antara format pengemasan Linux lainnya.

6. Inkscape

Inkscape adalah alternatif sumber terbuka dan gratis yang dikemas dengan fitur untuk Adobe Illustrator. Editor grafis vektor sangat cocok untuk seniman kreatif dan desainer logo, atau mereka yang hanya perlu membuka file SVG.

Meskipun aplikasi ini sudah ada sejak zaman Windows XP, aplikasi ini menerima banyak fitur baru, pembaruan, dan perbaikan bug dalam beberapa tahun terakhir, setelah mencapai tonggak besar versi 1.0 pada tahun 2020.

Inkscape tersedia untuk semua platform desktop utama dan menampilkan AppImage sebagai satu-satunya format paket Linux universal resmi.

Sebutan Terhormat: Krita

Krita adalah editor grafis vektor populer lainnya yang menawarkan paket AppImage. Meskipun Krita adalah aplikasi KDE, ini tersedia untuk semua platform desktop utama.

7. OnlyOffice

OnlyOffice adalah office suite gratis dengan pengolah kata, spreadsheet, dan fungsionalitas presentasi. Salah satu fitur terbaik OnlyOffice adalah antarmuka pengguna yang ringkas. Aplikasi ini menampilkan bilah alat seperti pita dan membuka dokumen baru di tab daripada jendela terpisah, seperti halaman web di browser.

Tidak seperti LibreOffice yang gratis dan open source, OnlyOffice secara native menggunakan format DOCX, XLSX, dan PPTX yang kompatibel dengan Microsoft Office. Dari segi fitur, OnlyOffice mirip dengan versi lokal dari aplikasi Microsoft Office 365 gratis atau Google Documents, tetapi kurang dibandingkan dengan suite kantor lengkap seperti Microsoft Office dan LibreOffice.

OnlyOffice tersedia di semua platform utama dan secara resmi menawarkan hampir semua format paket Linux bersama AppImage.

8. Shotcut

Shotcut adalah editor video multi-track gratis, open source, dan lintas platform yang populer. Ini mirip dengan aplikasi berpemilik seperti Adobe Premier, DaVinci Resolve, dan Lightworks.

Fitur termasuk beragam format dan dukungan resolusi, pengeditan audio dan video, topeng, efek, transisi, dan banyak lagi.

Shotcut tersedia di semua platform desktop utama dan menampilkan AppImage di antara format pengemasan Linux lainnya.

Sebutan Terhormat: Kdenlive

Kdenlive adalah editor video sumber terbuka dan kaya fitur lainnya dengan fitur yang mirip dengan Shotcut. Meskipun merupakan aplikasi KDE lainnya, aplikasi ini tersedia di semua platform desktop utama, dan menampilkan AppImage di antara format pengemasan Linux lainnya.

Sebutan Terhormat: OpenShot

Jika Anda menginginkan solusi pengeditan video yang lebih sederhana, OpenShot adalah alternatif ramah pengguna yang hebat untuk Shotcut, tersedia di semua platform desktop utama dan menampilkan AppImage sebagai satu-satunya opsi unduhan Linux.

9. Simplenote

x-Seperti namanya, Simplenote adalah alternatif untuk aplikasi pencatat sederhana seperti Apple Notes dan Google Keep. Fungsionalitas mencakup kemampuan untuk menyematkan catatan, penandaan, daftar periksa, sinkronisasi, dan beberapa fitur berguna lainnya .

Dari Automattic, pembuat WordPress, Simplenote tersedia di semua platform utama dan menawarkan beberapa paket Linux bersama AppImage.

Sebutan Terhormat: Catatan Standar

Sebanding dengan Simplenote, Catatan Standar terutama membedakan dirinya dengan enkripsi ujung ke ujung. Aplikasi ini juga tersedia sebagai langganan berbayar, yang memperkenalkan fitur tambahan, membuatnya setara dengan aplikasi catatan yang lebih tangguh seperti Evernote dan Microsoft OneNote. Fitur berbayar termasuk folder bersarang, teks kaya dan dukungan penurunan harga, kustomisasi antarmuka pengguna, keamanan login, dan banyak lagi.

Catatan Standar tersedia di semua platform dan fitur utama AppImage sebagai satu-satunya unduhan Linux resmi.

Honorable Mention: Joplin

Joplin adalah alternatif sumber terbuka yang kuat untuk Evernote dan Microsoft OneNote. Fitur termasuk penandaan, berbagi, kolaborasi, dan kemampuan untuk menyimpan file multimedia dan halaman web dalam catatan. Bahkan lebih banyak fungsi dapat ditambahkan dengan ekstensi. Meskipun sinkronisasi tidak disertakan, Joplin Cloud tersedia dengan biaya bulanan. Namun, aplikasi ini dapat digunakan dengan layanan cloud lain seperti DropBox dan Microsoft OneDrive.

Joplin tersedia di semua platform utama dan menampilkan AppImage sebagai satu-satunya paket Linux resmi.

10. VSCodium

VSCodium adalah versi yang sepenuhnya terbuka, dikelola oleh komunitas dari editor kode populer Microsoft Visual Studio Code (VSCode) – mirip dengan nama Chromium yang mirip dengan browser web Google Chrome.

Fitur termasuk dukungan untuk hampir setiap bahasa pemrograman utama, penyesuaian yang hampir tak terbatas, dan pasar ekstensi yang berkembang. Seperti editor kode lainnya, tampilannya dapat diubah sepenuhnya menggunakan beragam tema yang tersedia.

VSCodium tersedia di semua platform desktop utama dan menawarkan AppImage bersama paket Linux resmi lainnya.

Akhir Kata

Meskipun AppImage mungkin tidak memiliki pengikut Flatpak atau dukungan korporat Snap, itu tidak menghentikan format untuk menarik aplikasi terbaik. Ini bisa dibilang memiliki dua pengelola kata sandi teratas yang ada, aplikasi catatan terbaik di Linux, yang terbaik editor grafis vektor gratis ada, dan opsi fantastis untuk diagram, pekerjaan kantor, dan pengkodean.

Dan itu hanya aplikasi populer yang menawarkan paket AppImage resmi. Ada banyak aplikasi tujuan khusus yang kurang dikenal yang menyukai format ini, seperti dompet kripto dan aplikasi selam scuba milik Linus Torvalds, Subsurface.

Hal terbaik tentang AppImage adalah Anda tidak menginstalnya secara teknis, mereka hanya berjalan. Jadi jangan ragu untuk menguji drive semua perangkat lunak AppImage yang Anda inginkan, dan tidak perlu khawatir harus menghapus instalasi setelah selesai.