3 Cara Menyesuaikan Menu dan Bilah Alat di LibreOffice

menyesuaikan antarmuka menu LibreOffice

Sionicmedia.com – Apakah Anda ingin menyesuaikan antarmuka menu LibreOffice, sehingga Anda dapat menyimpan alat yang paling sering digunakan? Berikut adalah 3 cara untuk melakukannya.

Salah satu hal hebat tentang perangkat lunak OpenOffice seperti LibreOffice adalah penyesuaiannya. Anda dapat memilih lokasi tombol, membuat menu khusus, mengganti nama alat, dan bahkan mengganti ikon.

Teruslah membaca untuk mempelajari tiga cara menyesuaikan menu dan bilah alat LibreOffice.

1. Sesuaikan Isinya

Secara default, LibreOffice mengatur alat di antara tiga tempat. Pertama adalah Toolbars , yang dapat merapat ke tepi atau mengapung dengan bebas. Kedua adalah Sidebar , yang dapat berlabuh di sisi kiri atau kanan jendela, atau mengapung. Terakhir adalah Menu Bar , yang selalu berada di bagian paling atas jendela.

Anda dapat mengedit menu dan bilah alat dengan membuka Alat > Sesuaikan . Dari sini, Anda dapat mengubah berbagai macam menu. Masing-masing memiliki tabnya sendiri:

  • Menu memiliki opsi untuk mengubah opsi drop-down di Menu Bar .
  • Bilah Alat adalah tempat Anda mengubah alat di bilah alat. Perubahan ini berlaku apakah bilah alat mengambang atau berlabuh.
  • NotebookBar memungkinkan Anda mengubah opsi bilah alat di opsi Antarmuka Pengguna Tab . Opsi ini lebih menyerupai menu Ribbon Microsoft Office.
  • Menu Konteks adalah menu yang muncul saat Anda mengklik kanan target tertentu.

Setelah memilih bagian yang ingin Anda ubah, Anda harus memilih subbagian. Misalnya, jika Anda mengedit Menu Bar , Anda harus memilih menu atau sub-menu mana dari drop-down Target .

2. Buat Menu atau Bilah Alat Baru

Membuat menu yang sama sekali baru bisa menjadi ide yang bagus jika Anda memiliki sekelompok alat yang cenderung Anda gunakan bersama. Misalnya, Anda dapat membuat bilah alat untuk membuat catatan, atau saat Anda mengedit file PDF di LibreOffice Writer .

Buka Alat > Sesuaikan dan pilih tab untuk jenis menu atau bilah alat yang ingin Anda tambahkan. Setelah dipilih, klik ikon hamburger (tiga garis horizontal). Anda akan melihatnya di sebelah menu drop-down Target . Pilih Tambahkan dari opsi.

Beri nama menu atau bilah alat baru Anda, lalu buka lagi menu hamburger. Pilih apakah menu Anda akan menampilkan Ikon dan Teks , Hanya Ikon , atau Hanya Teks . Opsi teks akan menampilkan nama alat.

Setelah itu, Anda dapat mulai menambahkan opsi menggunakan fungsi panah. Menu atau toolbar baru Anda akan segera muncul setelah Anda selesai.

3. Ubah Nama dan Ikon Alat

Mengubah nama dan ikon dapat membantu Anda memperjelas antarmuka Anda. Misalnya, jika Anda menemukan nama alat yang membingungkan, Anda dapat mengubahnya menjadi lebih spesifik.

Untuk mengganti nama opsi:

  1. Temukan di menu Tools > Customize pada tab apapun.
  2. Pilih, lalu klik Modify > Rename dari bawah menu Target.
  3. Saat dialog muncul, ketik nama baru Anda.

Untuk mengubah ikon, pilih Ubah > Ubah Ikon . Dari sana, Anda dapat memilih dari ikon yang disertakan yang disertakan dengan LibreOffice, atau Impor ikon baru. Ikon baru harus berukuran 24×24 piksel, tanpa ruang ekstra di tepinya.

Anda juga dapat mengunduh satu set lengkap ikon yang cocok. Buka Alat > Opsi dan pilih LibreOffice > Lihat dari menu sebelah kiri. LibreOffice hadir dengan beberapa opsi. Anda juga dapat mengunduh lebih banyak menggunakan LibreOffice Extensions . Setelah itu, Anda dapat mengklik Terapkan untuk menyimpan perubahan Anda.

Sesuaikan Pengalaman LibreOffice Anda

Anda akan menemukan LibreOffice jauh lebih nyaman jika Anda dapat meletakkan alat yang Anda inginkan di tempat yang Anda inginkan. Luangkan waktu untuk menyesuaikan menu, toolbar, nama alat, dan ikon.

Untuk menyelesaikannya, coba sesuaikan tampilan LibreOffice sepenuhnya. Anda dapat mengubah skema warna, lokasi toolbar, dan banyak lagi!

Leave a Comment