4 Alasan Anda Harus Memainkan Game PS5 di Mode Performa

Game PS5 di Mode Performa

Sionicmedia.com – Meskipun ada sedikit penurunan visual, kinerja PS5 harus dicoba untuk para gamer konsol. Inilah alasannya.

PS5 adalah kemajuan besar dari PS4 di banyak bidang, salah satunya adalah peningkatan kinerja game. Kecepatan bingkai yang lebih tinggi dapat secara drastis meningkatkan pengalaman bermain game Anda, dan PS5 sering kali menampilkan mode kinerja dalam gimnya yang mendukung hal ini.

Jadi, mari kita bicara tentang mode kinerja PS5 dan empat alasan mengapa Anda harus memainkan game yang didukung di dalamnya.

Apa Mode Performa PS5?

Jika Anda menuju ke pengaturan game PS5 Anda, Anda mungkin melihat mode permainan yang berbeda di bagian video, salah satunya adalah mode kinerja.

Mode performa PS5—seperti namanya—mengutamakan performa daripada fidelitas visual untuk memastikan Anda bermain pada 60 frame per detik (FPS). Di beberapa game, seperti Call of Duty: Vanguard, Doom Eternal, dan Uncharted: Legacy of Thieves Collection, Anda bahkan bisa bermain di 120FPS. Norma di era PS4 adalah 30FPS.

Mode kinerja PS5 mengorbankan resolusi dan pengaturan grafis dalam game tertentu, seperti ray tracing , untuk mencapai kecepatan bingkai ini. Sebaliknya, PS5 juga akan memiliki resolusi, atau mode “Fidelity”, yang biasanya membatasi frame rate pada 30FPS untuk memaksimalkan kualitas visual.

Dengan mode kinerja, Anda mungkin tidak bermain pada resolusi 4K yang konsisten, Anda juga tidak akan melihat puncak kecakapan visual PS5, tetapi ini adalah pertukaran yang layak untuk mencapai 60FPS. Berikut empat alasannya.

1. Mode Performa Memberi Anda Animasi yang Lebih Halus

Karena PS5 telah menggandakan frame rate dari 30FPS dengan mode kinerja, ini berarti Anda akan dapat melihat permainan yang lebih mulus.

Pada awalnya, ini bisa tampak menggelegar, hampir seolah-olah game berjalan maju cepat. Tetapi saat Anda menyesuaikan, Anda akan melihat animasi yang lebih lancar dan menghargai betapa bagusnya mereka sebenarnya. Untuk game dengan banyak animasi rumit, seperti game pertarungan, peningkatan kecepatan bingkai menyoroti seberapa banyak detail yang dimiliki setiap gerakan.

Mode performa membuat game Anda terus mengalir dengan lancar, memungkinkan Anda untuk menghargai level sempurna dari animasi yang dapat ditawarkan oleh video game.

2. Anda Akan Mengalami Game yang Lebih Responsif

Meskipun tonjolan dalam fluiditas visual sangat baik, alasan utama Anda harus bermain dalam mode performa adalah karena peningkatan responsivitas.

Jika Anda tidak dapat melihat perbedaan antara 30FPS dan 60FPS, Anda pasti akan merasakannya. Game Anda akan mengontrol snappier dan memasukkan perintah Anda lebih cepat. Sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, tetapi Anda akan menemukan bahwa permainan Anda merespons jauh lebih baik.

Sebaliknya, 30FPS akan merespons dengan lamban dan tampak menggelegar. Meskipun tidak dapat dimainkan, dan Anda dapat menyesuaikannya, 60FPS berarti Anda memiliki gameplay yang lebih ketat dan lebih efisien. Ini benar-benar dapat membuat perbedaan, terutama dalam game yang membutuhkan waktu sepersekian detik.

Mode performa PS5 dapat meningkatkan pengalaman dan kenikmatan Anda dengan game yang lebih responsif.

3. Mode Performa Dapat Membuat Game Lama Terasa Baru

Menggabungkan fluiditas visual dengan permainan yang lebih responsif, bukanlah suatu hal yang meremehkan untuk mengatakan bahwa mode kinerja dapat sepenuhnya mengubah pengalaman bermain Anda.

Dua contoh game yang bisa terasa sangat berbeda dengan mode performa adalah game open-world seperti Days Gone dan judul AAA dengan pertarungan intens, seperti Sekiro: Shadows Die Twice, karena berbagai alasan.

Menjelajahi dunia terbuka yang dulunya gagap dan lag pada 30FPS pada 60FPS yang mulus membuat dunia itu semakin imersif. Responsivitas adalah komponen kunci dari game dengan pertarungan intens—60FPS mencapai hal ini, membuat sistem pertarungan jauh lebih intens, menarik, dan memuaskan.

Meninjau kembali game yang pernah Anda kalahkan (atau tinggalkan) di 30FPS bisa terasa seperti pengalaman yang sama sekali berbeda. Tentu saja, ada elemen pada game yang tidak dapat diperbaiki oleh frame rate—cerita dan penulisan, misalnya—tetapi peningkatan pada gameplay benar-benar membuat banyak perbedaan.

4. Game PS5 Akan Tetap Terlihat Fantastis di Mode Performa

Meskipun poin ini relatif untuk setiap generasi konsol game, karena PS5 adalah konsol generasi saat ini, game akan tetap terlihat fantastis, bahkan pada mode performa.

Meskipun ya, Anda membuat beberapa pertukaran visual, jangan berharap gim ini tiba-tiba berubah menjadi gim PS4 hanya agar Anda dapat mencapai 60FPS—lagi pula, Anda memainkan gim PS5.

Saat PS5 melanjutkan siklus hidupnya, mode kinerja kemungkinan akan meningkat, dengan lebih banyak pengembang mengoptimalkan perangkat kerasnya. Ini hampir pasti bagi pengembang pihak pertama Sony. Misalnya, Insomniac sudah mencapai 60FPS dengan ray tracing di Spider-Man: Miles Morales.

Dengan mode kinerja, apa yang Anda perdagangkan dalam kualitas visual, Anda lebih dari sekadar menebusnya dengan pengalaman gameplay yang lebih halus dan lebih responsif.

Nikmati Game PS5 Anda di Mode Performa

Mode kinerja adalah salah satu peningkatan paling menonjol yang ditawarkan PS5 di atas PS4. Sangat bagus bahwa industri menormalkan 60FPS untuk pemain konsol, dan Anda tidak perlu menunggu untuk terjun langsung.

Meskipun ada kompromi visual, lebih dari sepadan dengan waktu Anda untuk memainkan game PS5 Anda pada 60FPS dan lebih tinggi. Setelah Anda mengalami permainan pada frame rate tinggi, Anda mungkin tidak akan pernah melihat ke belakang.

Leave a Comment